sigit.cloud
about gallery street 📸

Dual Transfer Mode

2011-04-12

Pake Blackberry or other Smartphone yang intens koneksi data (Android, iPhone, dst)? Terus sering merasa banyak orang yang protes kalo kita susah di telfon?

Wajar!

Di dunia cellular, dikenal 2 domain core network. Core network sendiri adalah sentral prosesing dari service cellular: sms, voice call, data call, dst. Dua domain tersebut adalah: Packet Domain dan Circuit Domain. Packet core node itu intinya adalah SGSN dan GGSN (silahkan search di Wiki kalau mau tau detail) sedangkan Circuit core itu intinya MSC-S dan M-MGw (silahkan di search juga di Wiki kalau mau tau detail.

Services dari packet domain adalah mobile data: akses IP network (internet, vpn corporate, dst.) dari jaringan mobile, sedangkan services dari circuit domain: voice call, sms, video call.

Nah, untuk subscriber yang menginginkan penggunaan dua service diatas secara bersamaan: bisa di telfon walaupun lagi browsing/BBM-an contohnya, diperlukan support DTM (Dual Transfer Mode) baik di handset maupun di sisi operator network nya. Sampai saat ini pengalaman saya DTM sepertinya belum luas di support oleh operator sini. Memang sih, jarang juga orang yang browsing dan bersamaan telfon2an...kecuali dia pake tablet and bluetooth handset, mungkin operator kurang melihat keuntungan dari sisi business case nya. Tapi seiring makin meluasnya akses subscriber via smartphone, kemungkinan kedepannya semua operator perlu support DTM.

Anda bekerja di network planning operator? Tolong dipropose ke bos anda untuk support DTM yah.